Halaman

Jumat, 11 November 2011

BERSATU DAN BANGKIT UNTUK SEA GAMES XXVI

PALEMBANG, 10 NOVEMBER 2011Bersatu dan Bangkit begitulah moto SEA Games XXVI yang digelar di Palembang dan Jakarta, pada 11-22 November 2011 ini. Perlu kerja keras untuk dapat menjadi tuan rumah ajang perhelatan akbar olahraga negara ASEAN, khususnya bagi Palembang. Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Alex Noerdin, pada kesempatan Media Gathering yang dilaksanakan hari sebelumnya di Jakabaring Sports City (JSC), Rabu (09/11), mengatakan, walaupun memiliki waktu kurang dari 1 tahun untuk mempersiapkan segalanya agar dapat menjadi tuan rumah yang sukses, kini Provinsi Sumatera Selatan menyatakan telah siap untuk menyelenggarakan Sea Games ke-26 di Palembang, sekaligus menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan ajang tersebut.
Meski dana untuk menggelar perhelatan kali ini hanya diambil dari APBN sebesar 20 persen dan dana APBD 10 persen, H. Alex Noerdin tetap semangat untuk menyiapkan perhelatan olahraga akbar se-ASEAN ini dengan mencari sponsor untuk 70 persen sisa pembiayaan. Untuk memotivasi para atlet, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan fasilitas sarana bertanding berkelas internasional, Jakabaring Sports City. Komplek olahraga terbesar di Indonesia ini dipersembahkan untuk para atlet nasional sehingga diharapkan Indonesia dapat kembali menjadi juara umum dengan meraih medali emas terbanyak.
Persiapan Propinsi Sumatera Selatan sebagai salah satu tuan rumah SEA Games 2011 kali ini memberikan pertumbuhan angka yang positif. Tahun 2010 lalu pertumbuhan mencapai 5,3 persen dengan pendapatan perkapita 17,99 juta. Sedangkan di posisi Maret 2011, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,9 persen melalui target yang ditetapkan. Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, salah satu faktor yang juga mendorong pertumbuhan ekonomi Sumsel adalah terkendalinya lonjakan inflasi, yaitu di tahun 2010 inflasi mencapai 6,02 persen atau di bawah rata-rata nasional 6,12 persen.

Sektor infrastruktur tumbuh dari 0,2 persen meningkat menjadi 5,4 persen, peningkatan pertumbuhan ini dipengaruhi oleh mulai cair dana-dana APBN dan APBD untuk pembangunan yang  masih dalam pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana SEA Games yang di targetkan selesai tepat pada waktunya. Di sisi penggunaan, komponen yang pertumbuhannya di atas 10% yaitu ekspor, PMTD 12,76%, impor 12,52% dan konsumsi pemerintah 10,67%. Tingginya pertumbuhan ini menunjukan perekonomian Sumatera Selatan yang mulai ekspansif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar